Salah satu bangunan luar biasa adalah Tembok Cina. Bangunan ini mulanya dibuat pada masa Dinasti Qin (221-206 SM) atas ide Kaisar Qin Shi Huang. Bangunan besar ini dibuat sebagai pertahanan dari musuh yang mencoba masuk melalui daerah utara. Pada masa-masa berikutnya, beberapa kaisar juga membangun tembok sejenis, termasuk pada Dinasti Ming (1368-1644). Tembok Cina yang dapat kita lihat sekarang dibangun pada masa tersebut. Melibatkan Banyak Pekerja Panjang keseluruhan Tembok Cina adalah 6.350 kilometer. Tembok sepenjang ini tidak dibangun sekaligus, tetapi sempat terhenti dan diteruskan oleh kaisar-kaisar dari beberapa dinasti. Pembangunan Tembok Cina melibatkan banyak pekerja. Untuk 10 tahun pertama pembangunan Tembok Cina melibatkan 300.000 tentara. Jumlah ini belum ditambah para pekerja khusus bangunan dan para narapidana yang dipekerjakan untuk membangun Tembok Cina. Selama proses pembangunan Tembok Cina, banyak pekerja yang meninggal dunia dan para pekerja itu dikubur di sekitar Tembok Cina.

Bangunan Terlihat dari Bulan?

Ada yang mengatakan bahwa Tembok Cina adalah satu-satunya bangunan yang dapat terlihat dari bulan dengan mata telanjang atau tanpa bantuan alat. Namun sejumlah ekspedisi ruanag angkasa mengungkapkan bahwa hal tersebut tidak tepat. Sebab dari orbit Bumi terendah (160-350 mil) banyak sekali bangunan yang dapat terlihat seperti bandara, jembatan dan pelabuhan.

Namun dari bulan yang jaraknya sekitar 237.000 mil, tak satu pun bangunan yang bisa dilihat dengan mata telanjang.

Memiliki Banyak Lorong

Tembok Cina yang besar, dilengkapi dengan banyak menara pengintai untuk para tentara. Dari menara-menara inilah para tentara bisa melihat pergerakan musuh. Menara-menara tersebut memiliki banyak lorong, tujuan dari banyaknya lorong ini adalah untuk membingungkan para penyerang.

Tembok Cina juga memiliki barak-barak khusus untuk menempatkan pasukan-pasukan yang siap menyerang atau menghalau musuh.