Capung

Capung, Hewan berukuran mungil ini dari ordo Odonata. Capung memiliki dua pasang sayap, capung juga biasanya memiliki warna cerah dan mencolok, seperti merah, hijau, kuning atau oranye, tapi ada juga beberapa zapung dengan warna gelap, seperti hijau tua, hitam atau merah tua. Karena berwarna cerah dan mencolok capung sering menjadi sasaran dari para predatornya atau pemangsanya seperti burung atau katak.

Capung hamper dapat ditemukan diseluruh dunia, terutama di daerah tropis. Biasanya capung hidup di daerah yang berdekatan dengan air, seperti sawah, sungai dan rawa.

Bermula di Air

Capung bertelur didekat ataupun di dalam air. Telur-telur capung ini terbungkus oleh getah agar tidak rusak didalam air. Setelah menjadi larva, larva capung akan menjadi pemangsa yang memakan berbagai jenis larva hewan lain.

Capung memakan larva serangga-serangga kecil misalnya larva nyamuk. Larva capung dapat menghabiskan sekitar 300 larva nyamuk dalam sehari.

Proses berikutnya, larva yang sudah memiliki organ lengkap, muncul di permukaan air dan siap untuk terbang.

Spesies Capung

Capung memiliki tidak kurang dari 5000 spesies. Salah satu spesies capung ynag berukuran besar adalah Capung Naga. Spesies capung naga ini bias terbang dengan cepat. Capung dapat terbang dengan kecepatan hingga 55 kilometer per jam.