Stonehenge adalah sebuah monumen peninggalan masa Neolitikum yang berada di wilayah Inggris. Monumen ini terdiri dari barisan batu berukuran raksasa yang berbentuk lingkaran. Di bagian atasnya diletakkan balok-balok batu lain yang juga berukuran raksasa. Diperkiraan orang membangun monumen ini antara tahun 2.500 SM dan 2.000 SM.
Menariknya, orang sering bertanya-tanya bagaimana cara manusia yang hidup pada 4.000 tahun yang lalu bisa membuat bangunan dari batu besar tersebut.

Selama 1.497.680 Hari

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti bagaimana orang mendirikan bangunan ini. Namun ada sejumlah perkiraan mengenai hal tersebut, misalnya waktu yang diperlukan untuk mendirikan Stonehenge diperkirakan mencapai 1.497.680 hari.
Sebab-sebab kerusakan dari monumen ini juga tidak diketahui secara pasti. Namun diperkirakan hal ‘kerusakan’ ini disebabkan faktor alamiah, peperangan atau ditinggalkan begitu saja oleh para pembuatnya.

Tetap Minsterius

Stonehenge memang misterius sampai sekarang. Perdebatan juga datang dari kalangan para ahli yang memprediksi untuk hal apa bangunan ini dibuat. Salah satu prediksi yang ada adalah bangunan ini digunakan untuk pemujaan agama kuno yang pernah ada. Prediksi lainnya adalah monumen yang dibangun selama 25 generasi ini dibuat untuk memprediksi pergantian musim.