Pengertian magnet secara sederhana adalah benda yang dapat menarik logam, terutama besi. Magnet memiliki dua buah kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan selatan. Jika kedua kutub yang sama didekatkan, maka magnet tersebut akan saling tolak-menolak, sebaliknya jika dua kutub yang berlainan didekatkan maka magnet akan saling tarik-menarik. Disekitar magnet terdapat medan magnet. Jika sebuah besi diletakkan di medan magnet, maka besi tersebut akan ditarik oleh magnet.

Kegunaan Magnet

Di sekitar kita banyak sekali benda yang bekerja menggunakan magnet sebagai komponennya. Seperti motor pada kipas angin, generator, ATM hingga loudspeaker.
Selain itu magnet juga digunakan sebagai kompas. Kompas sangat berguna untuk membantu menentukan arah. Kompas selalu menunjuk arah utara dan kompas ini lebih baik digunakan bersama peta.

Membuat magnet

Kita bsa membuat magnet sendiri dengan mudah. Caranya dengan menggosok-gosokkan besi pada megnet. Metode lainnya dengan mengaliri besi dengan listrik. Cara sederhana adalah dengan melilitkan kawat tembaga pada paku dan menghubungkannya dengan baterai. Sebaliknya, kita pun bisa menghilangkan daya magnet dengan cara memanaskan, atau memukul-mukulkannya pada benda keras.