Menara Pisa berada di Italia. Menara Pisa ini mulai dibangun sekitar 1173. Semula bangunan ini dibangun tegak lurus. Namun lama kelamaan bangunan ini menjadi miring.
Arsitek awal dari bangunan Menara Pisa adalah Banno Pisano. Menara Pisa memiliki berat 14.500 ton dengan tinggi 58 meter. Pada masa-masa berikutnya sejumlah arsitek ikut menyumbang gagasan dalam pembangunan menara ini. Setiap tahun kemiringan Menara Pisa terus bertambah. Itu sebabnya para ahli bangunan mencoba melakukan perbaikan agar peninggalan sejarah ini bisa tetap bertahan.
Menurut penelitian, kemiringan Menara Pisa adalah 5,5 derajat. Setiap tahunnya kemiringan menara bertambah 1 milimeter dihitung secara vertikal dari puncak menara ketanah.

Delapan Lantai

Menara Pisa terdiri dari 8 lantai, dilantai paling atas diletakkan sejumlah lonceng. Untuk naik kelantai paling atas sejumlah orang harus menaiki tangga yang berbentuk spiral dengan jumlah anak tangga 294 buah
Gaya bangunan menara pisa tidak jauh berbeda dengan gaya bangunan-bangunan keagamaan di Italia yang bergaya Roma.

Ditarik Kawat Baja

Setiap tahun kemiringan Menara Pisa terus bertambah dan bila dibiarkan, Menara Pisa bisa jatuh dan hancur. Karena itu para ahli konstruksi bangunan, ahli matematika dan ahli geologi berusaha menyelamatkannya. Caranya dalah dengan menarik menara ini dengan kawat baja kea rah berlawanan dari posisi kemiringan menara. Disamping itu diletakkan juga sekitar 800 ton pemberat dibawah konstruksi menara dengan arah yang sama.
Cara ini berhasil, pada bulan juli tahun 2000, kemiringan menara bisa dikurangi 16 centimeter dan mengembalikan posisinya seperti pada tahun 1870.