Potala adalah tempat tinggal apara calon Buddha. Disini juga tinggal Dalai Lama, pemimpin agama Buddha di Tibet. Potala terletak di Lhasa, Tibet. Bangunan besar ini berada di bukit Potala, 3.700 meter di atas permukaan laut. Bangunan ini memiliki banyak ruangan, baik untuk tinggal para biksu maupun tempat untuk melakukan doa. Jika berjalan-jalan ke dalamnya, kita bisa melihat berbagai lukisan yang indah dan penuh makna di sebagian besar dinding bagian dalamnya.

Potala mulai dibangun oleh Songtsan Gambo, pendiri kerajaan Tubo. Bangunan ini dibuat sebagai peringatan perkawinannya dengan putrid Wencheng dari dinasti Tang.

Bangunan yang terlihat sekarang didirikan dalam beberapa tahap. Bagian tertinggi Potala misalnya, baru dibangun pada tahun 1690.

Sebagian besar Potala dihiasi oleh patung-patung emas dengan ornamen-ornamen yang sangat berharga, bahkan pada bagian atap Potala juga dilapisi emas.

Bangunan ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu Gedung Putih dan Gedung Merah. Di Gedung Putih banyak dilakukan kegiatan yang tidak berhubungan dengan keagamaan. Disini disimpan kitab-kitab penting dan stupa-stupa untuk menghormati dalai lama yang telah wafat.