(pleuronectidae) adalah ikan yang mempunyai bentuk pipih. Ikan jenis ini hidup di dasar air, baik air tawar maupun air asin. Ikan sebelah banyak menghabiskan waktu di dasar laut sambil menunggu mangsanya, begitu mangsanya lewat, ikan sebelah langsung menyerang dan memakannya. Hebatnya ikan ini bisa menyamakan warna tubuhnya dengan warna keadaan di sekelilingnya. Dengan begitu penyamarannya menjadi lebih sempurna. Ikan yang termasuk jenis ini adalah ikan Flounder, Limanda dan Halibut.


Metamorfosa aneh

Larva ikan sebelah pada mulanya berbentuk simetris seperti pada ikan-ikan umumnya, namun ikan sebelah mengalami metamorfosa yang aneh, lama-kelaman ikan ini menjadi berbentuk pipih. Salah satu matanya bergerak ke arah salah satu sisi tubuhnya. Setelah itu warna bagian tubuh yang berada dibawah menjadi putih.

Halibut, si raksasa

Halibut adalah salah satu jenis ikan sebelah yang memiliki ukuran tubuh besar. Panjang ikan ini bisa mencapai 2,7 meter dengan berat 270 kilogram. Tubuhnya agak memanjang, rahangbya simetris dan sisiknya licin. Halibut hidup dengan memangsa hewan laut seperti cumi-cumi, udang dan kepiting. Jika dibandingkan dengan ikan sebalah jenis yang lain maka halibut tergolong memiliki ukuran tubuh “raksasa”