HOWARD HATHAWAY AIKEN

(1900-1973)

Howard Hathaway Aiken adalah ahli matematika, warga negara Amerika Serikat, dan penemu computer digital. Komputer itu ia beri nama Harvard Mark 1. Ia banyak menulis di majalah-majalah ilmiah mengenai elektronika, teori saklar, dan pemrosesan data.

Aiken lahir di Hoboken, New Jersey, Amerika Serikat, pada tanggal 9 Maret 1900 dan meninggal di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat, pada tanggal 14 Maret 1973 pada umur 73 tahun. Ia pernah kuliah di Universitas Wisconsin dan menyelesaikan tingkat doktornya di Universitas Harvard pada tahun 1939, kemudian bekerja untuk Angkatan Laut Amerika Serikat bagian artileri (pasukan meriam).

Aiken menemukan komputer pada tahun 1944. Ia mulai mengerjakannya bersama 3 orang insinyur lainnya (Durfee, Hamilton, clan Lake) pada tahun 1939. Komputer adalah mesin hitung elektronik dan otomatis, yang dapat menghitung dengan cermat dan cepat sekali, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan hubungannya dengan hasil sebelumnya. Komputer ia beri nama Mark 1 dan digunakan oleh Angkatan Laut Arnerika Serikat untuk membuat perhitungan yang sangat teliti dan cepat, bila mereka akan menembakkan meriam, meluncurkan roket, atau membuat rencana-rencana bangunan yang rumit.

Tinggi komputer itu 2,4 meter, panjangnya 15,3 meter; beratnya 35 ton, berisi kabel sepanjang 800 kilometer dan sambungan sebanyak 3.000.000 buah. Perintah dan pertanyaan disampaikan kepada komputer dengan menggunakan pita kertas yang berlubang-lubang. Lubang-lubang itu kode pertanyaan. Kemudian komputer menjawab dengan pita kertas berlubang juga atau langsung.dengan kertas yang telah diketik dengan mesin ketik listrik. Tiga tahun kemudian Aiken membuat Mark II (1947) yang lebih sempurna. Ia mendapat penghormatan dari berbagai negara, antara lain Belgia, Belanda, Jerman, dan Prancis: