Belalang pada umumnya memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil, tidak lebih dari ukuran telapak tangan orang dewasa. Meskipun begitu belalang mempunyai kaki belakang yang sangat kuat, seekor belalang dapat melompat sangat jauh dengan kakinya untuk menjauhi musuhnya. Peda umumnya belalang tinggal di padang rumput, ladang, hutan dan belukar. Jadi tidak mengherankan kalau belalang hidup dengan memakan rumput-rumputan. Belalang dibagi menjadi dua kelompok yaitu belalang dengan antena pendek dan belalang dengan antena panjang.

Belalang Dapat Menjadi Hama Belalang dapat hidup dalam sebuah koloni yang sangat besar, jumlah belalang dalam koloni dapat mencapai ratusan juta ekor. Jika sudah seperti ini, koloni belalang tersebut dapat menjadi hama yang sangat berbahaya untuk pertanian, terkadang manusia sulit sekali untuk mengendalikan hama ini, akibatnya manusia dapat mengalami kerugian yang sangat besar.

Suara Khas Belalang Belalang pandai mengeluarkan bunyi-bunyian dengan cara menggesekkan kaki belakangnya menyilang pada bagian sayap depannya yang mengeras. Setiap species belalang memiliki suara khas yang berbeda-beda. Pada beberapa species belalang, baik belalang jantan maupun betina dapat mengeluarkan suara yang khas. Belalang Muda Belalang muda bisa terbang hingga 1,6 kilometer dalam sehari. Apabila belalang sudah mendapatkan sayap secara sempurna, belalang dan kawanannya dapat terbang hingga 50 kilometer dalam sehari. Belalang terus berimigrasi untuk mendapatkan makanan

About these ads